Pages - Menu

Sabtu, 29 Juni 2013

Korban tewas akibat banjir di India bisa lebih dari 10 ribu jiwa


Lebih dari 10 ribu orang kemungkinan tewas akibat banjir musim hujan yang menerjang Negara Bagian Uttarakhand, sebelah utara India, dua pekan lalu. Hujan deras juga memicu tanah longsor dan merendam kota-kota kecil serta jalan di sana.
"Tidak ada seorang pun yang dapat menyebutkan jumlah pasti korban jiwa. Tetapi setelah mengunjungi berbagai daerah yang terkena bencana dan dari informasi yang dikumpulkan dari keterangan korban serta warga setempat, saya dapat mengatakan jumlah korban jiwa bisa mencapai 10 ribu jiwa," kata Ketua Parlemen Uttarakhand, Govind Singh Kunjwal, kepada wartawan, seperti dilansir kantor berita Xinhua, Sabtu (29/6).
Sementara itu, pemerintah menyatakan mereka telah meningkatkan kantong-kantong pengungsian di beberapa bagian di Uttarakhand, bahkan untuk menampung 4.000 orang yang dikatakan masih terjebak di lereng bukit yang sulit dijangkau.
Kepala Staf Angkatan Darat India Jenderal Bikram Singh, yang mengunjungi Uttarakhand kemarin, mengatakan tentara akan tetap berada di lokasi bencana sampai semua warga yang terjebak akibat banjir diselamatkan.
Uttarakhand, yang terkenal dengan sungai dan tempat suci bagi umat Hindunya, dilanda banjir pada 16 Juni lalu. Tahun ini, curah hujan dilaporkan paling deras dalam 60 tahun terakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar