Pages - Menu

Minggu, 30 Juni 2013

Ondel-ondel Raksasa Jadi Primadona Jakarnaval


Jakarnaval baru digelar sore nanti, namun ratusan warga Jakarta sudah memadati di sepanjang jalan depan Kantor Balaikota DKI Jakarta, Minggu 30 Juni 2013.

Mereka tak sabar menantikan sajian puncak Hari Ulang Tahun Jakarta ke-486 sore ini.

"Saya sudah dari pagi di sini sama anak-anak saya, jalan-jalan di Monas dulu sambil menunggu Jakarnaval," ujar Siti, warga Tanah Tinggi, Jakarta Pusat.

Bukan hanya Siti, ratusan warga lainnya pun rela panas-panasan duduk di pinggir trotoar Jalan Medan Merdeka Selatan yang telah diberi pagar pembatas bersama anak-anak mereka.

Sementara beberapa panggung sudah dibangun di sepanjang jalan. Sound system mulai diuji. Sejumlah karya seni berbahan dasar mendong, alas tikar, dan bahan-bahan yang berasal dari alam lainnya sudah dipasang.

Salah satu yang menarik perhatian para warga adalah sepasang ondel-ondel raksasa yang berada di halaman Balaikota. Ondel-ondel setinggi tujuh meter ini akan diarak dari Balaikota menuju Monas.

Warna pakaian ondel-ondel ini pun sangat menarik, yakni merah muda cerah dan biru tua. "Satu ondel-ondel akan diarak oleh 14 orang. Karena ini besar sekali dan bambu penopangnya pun sengaja digunakan yang ukurannya sangat tebal agar kuat," tuturnya.

Beratnya jangan ditanya. Satu ondel-ondel bisa mencapai ratusan kilogram. Kesenian khas Betawi ini merupakan salah satu yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

"Ini masih finishing. Belum jadi saja dari tadi sudah banyak yang foto-foto," ujar pekerja itu.

Sedikitnya akan ada 3.000 peserta dalam Jakartanaval kali ini. Sebagai peserta utamanya adalah sekitar 1.000 masyarakat dan pelajar Jakarta yang mengeluarkan hasil karya kostumnya bertema ondel-ondel.

Menurut rencana Jakarnaval ini akan melewati rute Balaikota hingga Monas. Sedangkan, pada malam harinya, tepatnya pada pukul 19.30, akan dilangsungkan pagelaran sendratari kolosal berjudul Ariah di Monas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar