Pages - Menu

Selasa, 27 Agustus 2013

Amerika: Penggunaan senjata kimia di Suriah tidak terbantahkan

Gedung Putih kemarin mengatakan hanya ada sedikit keraguan bahwa pemerintah Suriah telah menggunakan senjata kimia.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan Presiden Amerika Barack Hussein Obama saat ini sedang mengevaluasi respon apa yang akan dilakukan terkait penggunaan senjata kimia. Tetapi Obama belum memutuskan tindakan itu, seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Selasa (27/8).

Carney juga tidak memberikan jangka waktu kapan Obama akan memutuskan hal itu.

"Hanya ada sedikit keraguan dalam pikiran kita bahwa rezim Suriah bersalah," kata Carney. Dia menyatakan tidak bisa disangkal lagi bahwa senjata kimia yang digunakan adalah pelanggaran norma internasional.

Carney menuduh pasukan Suriah kembali menembaki lokasi serangan diduga menggunakan senjata kimia di luar Ibu Kota Damaskus tidak lama setelah tim pengawas senjata kimia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meninggalkan lokasi itu. Dia mengatakan setelah tim pengawas PBB pergi, wilayah itu kembali dibombardir.

Carney menjelaskan peristiwa itu menunjukkan kurangnya kredibilitas Suriah.

Para tim pengawas PBB kemarin memeriksa lokasi serangan yang diduga menggunakan senjata kimia oleh pasukan pemerintah Suriah di pinggiran Damaskus. Selain itu, tim pengawas PBB juga bertemu dengan korban luka-luka akibat serangan itu di rumah sakit

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar