Pages - Menu

Jumat, 30 Agustus 2013

Huawei Siapkan Teknologi Nirkabel 5G

Raksasa telekomunikasi China, Huawei Technologies Co, terus mengembangkan teknologi nirkabelnya. Kini Huawei berambisi mewujudkan proyek teknologi nirkabel generasi kelima (5G).

Menurut laman Slash Gear, 30 Agustus 2013, CEO Huawei, Ken Hu, mengatakan proyek 5G ini sudah dikerjakan selama beberapa tahun terakhir. Hu menargetkan jaringan yang 100 kali lebih cepat dari 4G ini bisa mereka operasikan secara komersil pada tahun 2020.
"Ini merupakan rencana ambisius perusahaan. Kami telah memperkerjakan ratusan insinyur untuk melakukan penelitian dan pengembangan jaringan 5G, karena jaringan yang cepat semakin dibutuhkan dalam dunia modern," kata Hu.

Sayangnya Hu tidak memberitahukan sudah sampai dalam tahap apa pengembangan jaringan 5G Huawei. Dia hanya memprediksikan di masa depan perangkat mobile modern akan semakin disusupi oleh teknologi canggih, sehingga jaringan yang cepat akan semakin dibutuhkan.

"Kita harus berpikir di masa depan internet akan menjadi kebutuhan primer manusia, sama seperti jaringan listrik dan jalanan," ujar Ken Hu.

Sementara pada bulan Mei lalu, Samsung Electronics mengumumkan juga telah berhasil menguji teknologi nirkabel 5G. Teknologi terbaru itu dapat memungkinkan pengguna mengunduh film super high definition (HD) hanya dalam waktu satu detik.

Sama dengan Huawei, Samsung juga mengatakan bahwa teknologi anyar ini masih dalam tahap persiapan, dan akan mulai digunakan secara komersil pada tahun 2020, atau tujuh tahun dari sekarang.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar