Pages - Menu

Selasa, 27 Agustus 2013

Pembalap Buta Pacu Motor di Tempat 'Angker' Penggila Kecepatan

Masih ingatkah Anda dengan aksi Stuart Gunn? pembalap tunanetra serta lumpuh tercepat di dunia dengan Suzuki Hayabusa. Dengan keterbatasan fisik, dia mampu melajukan kuda besi hingga 268,86 km/jam.

Kali ini hal serupa ingin dilakukan oleh pembalap tunanetra lainnya, yakni Dan Parker, 43 tahun. Pria yang telah sudah menjadi pembalap mobil sejak berusia 16 tahun itu diketahui terlibat dalam kecelakaan mengerikan satu tahun lalu, hingga menyebabkan ia luka serius dan menderita kebutaan.

Tapi 17 bulan setelah insiden itu, dia bangkit untuk mengukir prestasi yaitu sebagai orang pertama yang balapan di BUB Motorcycle Speed--sepeda motor roda tiga.

Motor yang digunakan sebagian besar dibuat oleh dirinya sendiri dan akan digunakan di tempat paling angker dan suci bagi penggila kecepatan, Bonneville Salt Flats di Utah, Amerika Serikat.

Sebelum memulai aksinya, dia terus melakukan latihan yang dibantu kru kecil. Tes pertama dilakukan dengan kecepatan 50-60 km/jam tanpa keluar jalur lintasan.

Parker juga menggunakan interkom saat menjalankan aksinya. Dia diberitahu kapan harus mengoreksi saat keluar jalur, kapan harus mengerem, dan membetot selongsong gas. Kemudian ada satu unit mobil pikap yang mengikutinya untuk mengawasi di luar lintasan.

Parker menerima banyak dukungan dari Federasi Nasional untuk Tuna Netra. Mark Riccobono diketahui orang buta pertama yang mengendarai kendaraan tanpa bantuan alat ataupun orang lain.

Lantas berhasilkan Paker mengukir prestasi di padang garam Bonneville Salt Flats? Kita tunggu saja.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar