Pages - Menu

Kamis, 22 Agustus 2013

Benarkah ada misi terselubung di balik internet.org?

Mimpi Facebook beserta beberapa perusahaan teknologi dunia lainnya untuk mengaliri dunia dengan internet memang hal yang mulia. Namun, ada juga yang beranggapan bahwa hal ini sebenarnya hanyalah akal-akalan raksasa teknologi tersebut saja.
Seperti yang dilansir oleh Forbes (21/8), pernyataan ini ditulis dalam sebuah kolom opini oleh Robert Hof, analis periklanan internet. Menurut Hof, dengan mengaliri dunia dengan internet, maka semakin besar kesempatan korporasi ini untuk mendapatkan pasar yang lebih luas.
Khusus Facebook, dikatakan bahwa hal ini akan membuka peluang periklanan mereka. Dengan begitu, audiens iklan Facebook pun akan lebih besar.
Hof sendiri sampai saat ini tak mengetahui kenapa semua perusahaan ini merasa berkewajiban mengaliri dunia dengan internet. Menurutnya, hanya ada satu alasan yang mungkin, yaitu motif bisnis.
Memang, dengan mengaliri internet ke penjuru dunia, bisa meningkatkan perputaran uang, persis seperti yang disebutkan internet.org dalam tujuannya. Namun, kemungkinan perputaran uang ini yang sebagian besar akan masuk ke kantong Facebook dan kawan-kawan.
Hingga kini sendiri, memang belum diketahui apa motif di balik misi kemanusiaan Facebook dan korporasi teknologi dunia ini. Sehingga, opini Hof yang seorang ahli dalam dunia komersialisasi internet ini pun hingga kini hanya sebatas teori yang belum teruji kebenarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar