Pages - Menu

Selasa, 13 Agustus 2013

Ditemukan, Harta Kekaisaran Bizantium di Israel

Ratusan koin, lampu utuh, bahkan perhiasan emas kuno telah ditemukan di Israel. Anehnya, kesemua benda-benda kuno ini ditemukan di sebuah tempat pembuangan sampah era Kekaisaran Bizantium—sekitar 1261–1453 Masehi.

Barang-barang kuno itu ditemukan saat sejumlah arkeolog menggali pesisir lahan pertanian kota kuno Arsuf, yang dulu disebut Apollonia, di bagian utara Tel Aviv, Israel, seperti diberitakan Live Science, 13 Agustus 2013.

Awalnya, di sana, mereka menemukan bukti berupa anggur dan zaitun yang telah diolah serta sisa reruntuhan bangunan yang dulunya dipakai oleh petani. Namun, para ilmuwan dikejutkan dengan temuan harta karun kala menggali-gali lubang sampah di situs tersebut.

Peneliti dari Tel Aviv University Oren Tal dan Moshe Ajami dari Israel Antiquities Authority (IAA) mengatakan, salah satu tumpukan sampah mempunyai diameter 98 kaki (30 meter), dan di dalamnya terdapat guci kuno, peralatan masak dan peralatan makan utuh, kapal kaca, dan tulang hewan. Para peneliti juga menemukan artefak utuh yang masih bisa digunakan.
"Di antara barang-barang lain, lebih dari 400 koin ditemukan dan sebagian besar berasal dari era Kekaisaran Bizantium, termasuk satu koin emas. Ada juga dua ratus lampu Samaria utuh, yang rata-rata belum pernah digunakan sama sekali, lalu cincin dan perhiasan emas lainnya," ungkap Tal dan Ajami dalam pernyataannya.

"Bagian menarik adalah perhiasan berupa cincin oktagonal yang dihiasi grafir ayat-ayat Pentateukh Samaria terukir di sisinya. Salah satunya bertuliskan Bahasa Samaria," tambahnya.

Dahulu, Apollonia pernah menjadi kota sohor di daratan Yunani selama 1.500 tahun, dari periode Persia akhir abad keenam SM sampai akhir periode Bala Tentara Salib pada abad ke-13 M.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar