Pages - Menu

Sabtu, 03 Agustus 2013

Diteror Al-Qaeda, AS Keluarkan Peringatan Perjalanan Global


Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengeluarkan peringatan perjalanan global bagi warganya, karena menduga akan ada serangan dari kelompok militan Al-Qaeda. 

Peringatan perjalanan ini dikeluarkan, di mana sebelumnya pemerintah mengumumkan akan menutup lebih dari 20 Kedutaan Besar dan misi perwakilan di 19 negara berbeda di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. 

Laman Telegraph, Jumat 2 Agustus 2013 melansir informasi tersebut diperoleh dari Departemen Luar Negeri AS. Menurut mereka, serangan kelompok Al-Qaeda yang berafiliasi di Yaman kemungkinan terjadi di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. 

Selain di kawasan tersebut, serangan diperkirakan juga muncul di Semenanjung Arab. "Informasi terbaru menyebut bahwa Al-Qaeda dan organisasi afiliasinya terus melanjutkan serangan teroris di kawasan dan luar teritori mereka. Saat ini upaya serangan mereka diprediksi akan dilancarkan saat ini dan hingga akhir Agustus," ujar Deplu. 

Serangan tersebut, menurut Deplu, berpotensi menyasar sistem transportasi publik dan infrastruktur objek wisata lainnya. Juru bicara Deplu, Marie Harf, mengatakan peringatan ini dilakukan sebagai langkah pencegahan. 

Dia juga menolak memberikan informasi Kedubes AS di negara mana saja yang akan ditutup pada Minggu esok. Dikeluarkannya peringatan tersebut, sesuai dengan perintah Presiden Barack Obama yang meminta semua langkah pencegahan agar segera diambil. 

Hal itu untuk melindungi seluruh warga AS dari serangan Al-Qaeda. Menurut senator Demokrat yang duduk di Komite Intelijen, Dutch Ruppersberger, informasi soal serangan Al-Qaeda itu diperoleh dari data intelijen terpercaya dan kredibel. 

Bukan dari obrolan biasa anggota kelompok militan yang memajang informasi itu di dunia maya atau tempat lainnya.  "Hal yang paling penting adalah kami harus melindungi keselamatan seluruh warga AS," ungkap Ruppersberger. 

Menurut seorang pejabat senior AS kepada stasiun berita NBC,  ancaman itu kemungkinan besar terkait dengan perayaan bulan suci Ramadan yang akan berakhir minggu depan. Aksi penutupan gedung Kedutaan juga ikut dilakukan Inggris. 

Menurut Kemlu Inggris, gedung Kedubes Inggris di Yaman akan ditutup pada hari Minggu dan Senin besok sebagai tindakan pencegahan.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar