Pages - Menu

Rabu, 21 Agustus 2013

Intip "Jeroan" Jam Tangan Pintar Keluaran Samsung

Di kalangan pengamat gadget, isu Samsung segera meluncurkan "jam tangan pintar" semakin santer terdengar. Jam itu kabarnya diberi nama Galaxy Gear dan akan diperkenalkan pada 4 September mendatang.

Sumber anonim yang dekat dengan perencana peluncurkan itu, seperti dikutip laman GigaomSelasa 20 Agustus 2013, menyebutkan acara akan berlangsung di dua tempat, yakni Kota Berlin, Jerman, dan Kota New York AS.

Sumber tersebut juga membeberkan apa saja fitur andalan yang dibawa perangkat wearable Samsung itu. Nah seperti apa sih jeroan jam tangan pintar Samsung ini?
Disebutkan jam tangan pintar itu memiliki layar OLED high quality yang luas, yaitu 2,5 inchi diagonal dan 3 inchi bersama dengan casing.

Untuk memacu performa, Galaxy Gear dibekali prosesor dual core. Informasi yang pernah dilaporkan laman SamMobile menunjukkan Galaxy Gear membenamkan prosesor dual core Samsung Exynos 4212 1.5GHz with Mali-400 MP4 GPU dan resolusi layar 320x320 piksel.

Meski sebagai jam tangan, Galaxy Gear disebutkan juga memiliki kamera yang terletak di tali lilitan serta speaker kecil pada tali pengunci jam tangan.
Untuk konektivitas difasilitasi koneksi antarperangkat NFC yang mendukung sinkronisasi dan autentifikasi, sementara Bluetooth 4.0 LE membantu koneksi dengan smartphone.

Galaxy Gear disebutkan memiliki akselerometer yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan jam tangan saat berada di dekat dengan muka.
Akselerometer itu juga jadi cara yang asyik untuk mengaktifkan aplikasi dan pengaturan manajeman daya baterai. Layar Galaxy Gear juga mendukung jenis gestur tertentu, swipe maupun gerakan sentuhan pada umumnya. Namun layar tampaknya tidak memiliki teks input.

Kaya Integrasi 
Sedangkan dari sisi piranti lunak, Galaxy Gear dikabarkan menjalankan sistem operasi Android 4.1, ada kemungkianan Android 4.2. Intergasi yang ditampilkan juga disebutkan otomatis. Misalnya saat pengguna menggeser pemberitahuan dan melihat uraian email di jam tangan, maka saat mengambil smartphone, aplikasi yang dibuka akan ditampilkan. Samsung juga akan mengintegrasikan jam tangan pintar itu dengan Twitter dan Facebook.

Sumber juga menyebutkan Galaxy Gear akan bisa terhubung dengan aplikasi pengatur koneksi dengan ponsel. Menariknya aplikasi merupakan dari Samsung App Store bukan Google Play. sumber juga membeberkan Galaxy Gear akan difasilitasi dengan banyak sensor, sayangnya tidak disebutkan secara detail.

Perangkat wearable dianggap membawa cara baru dalam berkomunikasi, terutama dalam menyampaikan update notifikasi. Sehingga para pembuat piranti keras kemudian berpikir membuat perangkat yang tidak sebatas untuk fungsi ponsel saja, tapi sebagai semacam server  pribadi yang menjadi pusat komputasi pengguna.

"Perangkat mobile menuju wearable merupakan kesepakatan yang jauh lebih besar dalam hal membuat produk," ujar Phil Libin, CEO Evernote mengakui potensi wearable.

Libin bahkan yakin perkembangan perangkat wearable bisa lebih cepat dari yang diperkirakan orang. "Tak seorang pun yakin wearable akan menjadi mainstrem dalam 6 atau 12 bulan, tapi saya pikir itu bisa dalam dua atau tiga tahun ke depan," ujarnya.

Samsung tak sendiri bermain di pasar perangkat wearable. Produsen teknologi asal Korea Selatan itu akan menghadapi prosuk iwatch besutan Apple, Smartwatch Sony sampai MotoACTV besutan Motorola dan Pebble yang merupakan perangkat hasil penggalangan dana kickstarter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar