Pages - Menu

Rabu, 21 Agustus 2013

Lapangan Bertaraf Internasional Akan Dibangun di Sawangan

Rencana PSSI untuk membuat pusat pelatihan dan pendidikan sepakbola usia muda akan segera terwujud. Rencana tersebut akan direalisasikan dengan bantuan Federasi Sepakbola Internasional (FIFA).
PSSI memilih kawasan Sawangan yang terletak di daerah Depok untuk dijadikan pusat proyek pembibitan pemain usia muda. Kawasan Sawangan ini dipilih karena PSSI memiliki lahan cukup luas di daerah tersebut yang sangat cocok untuk dijadikan pusat pelatihan dan pembibitan. Hal tersebut juga diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Joko Driyono.

"Lahan di Sawangan itu sudah dimiliki PSSI sejak era-era sebelumnya, dan lokasi tersebut rencananya akan kita manfaatkan untuk membangun proyek bersama FIFA khususnya dalam hal infrastruktur," papar Joko pada sesi konferensi pers yang dilangsungkan Selasa sore, 20 Agustus 2013 di kantor PSSI.

Joko Driyono menjelaskan bahwa dana sebesar 500 US Dollar yang diberikan FIFA nantinya akan digunakan untuk membangun sebuah lapangan dengan rumput sintetis yang berstandar internasional. Menurut pria yang akrab dipanggil Jokdri itu, lapangan sintetis sangat diperlukan di samping lapangan dengan tekstur rumput alami.

"Dana dari FIFA ini rencananya untuk membangun satu lapangan yang dapat terlindung dari berbagai macam cuaca. Jadi walaupun hujan ataupun panas, baik siang dan malam hari lapangan tersebut masih dapat dipergunakan sebagai sarana latihan. Rencananya lapangan tersebut juga akan menggunakan rumput sintetis," papar Joko.

Di samping itu, Joko juga memaparkan bahwa PSSI akan mengalokasikan dana sebesar 30 miliar Rupiah untuk membangun infrastruktur dan sarana lainnya di lokasi yang sama.

"PSSI juga mengeluarkan dana sendiri yaitu sebesar 30 Milyar untuk membangun fasilitas lainnya seperti pusat latihan sekitar tujuh atau delapan lapangan dan tambahan beberapa fasilitas seperti mess untuk penginapan dan sekolah sebagai pusat pendidikan," tutur Jokdri.

Dalam kesempatan yang sama, Joko juga mengungkapkan bahwa PSSI juga akan meningkatkan kualitas pencahayaan yang berstandar internasional di Sawangan.

"Kami juga akan memfokuskan untuk fasilitas pencahayaan di lokasi. Karena bagaimanapun juga pencahayaan atau kualitas lampu itu sangat penting untuk menunjang proses latihan, karena rencananya latihan juga akan dilakukan pada malam hari," ungkap Joko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar