Pages - Menu

Sabtu, 03 Agustus 2013

Kapal "Pesiar" Google Jelajahi Laut-laut Misterius


Perusahaan raksasa mesin pencari, Google, memiliki proyek baru, menjelajahi laut-laut misterius menggunakan kapal laut.

Tak tanggung-tanggung, kapal laut bernilai US$60 juta atau sekitar Rp617 miliar itu didanai petinggi Google, Eric Schmidt dan istrinya.

Dilansir TheProvince, Sabtu 3 Agustus 2013, kapal laut yang juga membawa kapal selam tak berawak akan menjelajahi lautan dalam Vancouver Island untuk mempelajari sejumlah wilayah, di mana kehidupan laut mati karena kekurangan oksigen.

Kapal sepanjang 83 meter yang diber inama Falkor--makhluk terbang di film "The Neverending Story". Falkor dilaporkan mulai meninggalkan dermaga di San Francisco, California, AS, pada pertengahan pekan depan, ke sejumlah wilayah 'zona mati' di Laut Pasifik, serta laut-laut misterius lainnya.

Menariknya, Falkor dilengkapi fasilitas yang berbeda dengan kapal-kapal penelitian pada umumnya. Ya, kapal ini dilengkapi dengan sauna dan fasilitas hiburan lainnya seperti layaknya sebuah kapal pesiar.  

"Fasilitas sauna mungkin tidak diperlukan di sini," kata Victor Zykov, Direktur Institut Riset Schmidt Ocean Science.

"Tapi ketika kami sampai di perairan Kanada yang dingin, para ilmuwan dan kru pasti akan membutuhkannya," ujarnya.

Setelah mempelajari sejumlah wilayah 'zona mati' di Laut Pasifik, Falkor bakal berpindah untuk mempelajari gunung api bawah laut, Seamount Axial, sekitar 300 km sebelah barat dari Oregon.

Mereka ingin mengetahui organisme kecil yang hidup selama jutaan tahun di dalam celah pada batuan vulkanik. Ilmuwan juga akan meneliti virus yang telah beradaptasi dengan habitat yang unik.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar