Pages - Menu

Selasa, 20 Agustus 2013

Menperin: Rupiah Stay Rp10.500 Masih Manageable

Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat mengatakan, penurunan rupiah dinilai masih dapat dikendalikan. Pasalnya, bila rupiah masih bertahan di sekira Rp10.500 masih cukup terkendali.

"Kalau Rp10.500, stay di situ, saya kira enggak apa-apa, masih manageable," ujar Menteri Perindustrian MS Hidayat di Mandarin Hotel, Jakarta, Selasa (20/8/2013).

Hidayat mengatakan, dirinya tidak mau ada spekulasi untuk beli atau lepas dolar Amerika Serikat, serta tidak ingin berspekulasi berpikir untuk melihat eksportir memanfaatkan impornya.

"Kalau dia stay Rp10.500 per USD tidak apa-apa, tapi pakar ekonomi dan OJK (bilang) akan balik ke posisi semula," ujar Hidayat.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Chatib Basri menyatakan, pelemahan rupiah melemah dikarenakan oleh faktor eksternal yaitu kekhawatiran pasar atas rencana Bank of America menutup Meryll Lynch. "Faktor ini yang kemudian men-drive stock market, capital market dan nilai tukar jatuh," ungkap Chatib.

Menurut dia, situasi pasar di beberapa negara juga bergerak hampir sama, seperti Thailand, Malaysia dan India. Tapi, depresiasi Indonesia jatuhnya lebih besar daripada Thailand dan India.

"Hari Jumat, Bank Indonesia mengumumkan defisit current account yangg 4,4 persen dan seperti yang sudah saya sampaikan kepada Anda semua, defisit current account  di triwulan kedua mungkin akan naik tinggi," kata Chatib.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar