Pages - Menu

Rabu, 21 Agustus 2013

Pipis Berceceran Bisa Didenda di China

Pria-pria di kota Shenzhen, China, harus hati-hati ketika buang air kecil di urinal toilet umum. Harus "dibidik" dengan tepat agar tidak berceceran, atau bisa kena denda yang cukup besar.

Diberitakan BBC, Selasa 20 Agustus 2013, peraturan baru ini akan mulai diberlakukan bulan depan di Shenzhen. Bagi mereka yang kedapatan pipis berceceran, akan didenda hingga 100 yuan, atau lebih dari Rp1 juta.

Menurut salah satu pejabat pemerintahan Shenzen mengatakan, langkah ini diperlukan untuk menangkal "para pengguna toilet yang serampangan". 

Tidak disebutkan "berceceran" seperti apa yang akan dikenakan denda. Namun, peraturan baru ini langsung menuai kontroversi dan cemoohan di koran-koran lokal dan media sosial serupa Twitter di China, Weibo.

Beijing Times menuliskan bahwa hal seperti ini seharusnya tidak usah dijadikan peraturan, tinggal bagaimana pemerintah mensosialisasikannya saja. Sementara itu, seorang pengguna Weibo mendukungnya dengan nada satir.

"Banyak lapangan pekerjaan akan tercipta di sektor pelayanan publik. Akan ada penjaga yang berdiri di setiap orang yang menunaikan hajatnya, memastikan dia telah membidik dengan baik," kata dia.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar