Pages - Menu

Selasa, 13 Agustus 2013

Samsung dan Apple Garap Tablet Berlayar 12 Inci?

Merasa kurang puas dengan ukuran layar tablet yang beredar di pasar sekarang ini? Bisa jadi Anda membutuhkan komputer tablet dengan layar lebih besar. Sabar sedikit, sebab Samsung dan Apple dikabarkan tengah menggarap tablet PC masa depan dengan layar lebih lebar.

Digitimes melansir, Minggu 12 Agustus 2013, Samsung sedang mengembangkan tablet PC berlayar 12 inci, atau bahkan lebih. Rencana Samsung ini terdengar tak lama setelah rumor Apple merilis iPad berlayar lebar menyebar di dunia maya.

Sejumlah sumber di rantai pemasok produk Samsung mengatakan, raksasa elektronik asal Korea itu sedang berusaha menciptakan segmen pasar baru guna menyokong kompetisinya pada perangkat berukuran kecil, terutama ponsel pintar.

"Namun, langkah Samsung ini akan berpengaruh besar pada permintaan pasar notebook konvensional. Bahkan bukan tak mungkin tablet baru akan mematikan segmen itu (notebook)," ujar sumber.

Pasar tablet lesu

Menurut data terbaru IDC, penjualan komputer tablet di skala global kurang bergairah. Pada triwulan kedua tahun ini, pengapalan tablet PC merosot 9,7 persen menjadi 45,1 juta unit.

Penjualan iPad, komputer tablet terpopuler, juga menurun dari 19,5 juta unit pada triwulan pertama menjadi 14,6 juta unit pada triwulan berikutnya, menunjukkan bahwa segmen pasar tablet terus melemah.

Diduga Samsung sangat yakin pasar tablet mulai tergerus oleh ponsel pintar berlayar lebar. Sebab itu, sang raja ponsel dunia mencoba untuk bersaing di industri notebook untuk mencetak pendapatan baru.

Samsung diperkirakan akan lebih agresif mengembangkan model-model tablet ketimbang Apple, mengantisipasi ancaman MacBook Air berukuran 11,6 inci dan 13,3 inci yang secara langsung akan berdampak pada penjualan tablet layar lebar.
Sementara vendor-vendor lain diprediksi akan semakin lemah, berdarah-darah dengan mempertahankan tablet 8-10 inci, yang saat ini mulai "dibunuh" oleh ponsel-ponsel layar lebar seperti Samsung Galaxy Mega dan Sony Xperia Z Ultra.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar