Pages - Menu

Senin, 19 Agustus 2013

Seorang hacker beberkan bug FB di timeline Zuckerberg

Lelah lantaran laporannya tak pernah ditanggapi serius, membuat ahli IT asal Palestina satu ini bertindak nekat. Dia melakukan post sebuah lubang yang dimiliki Facebook langsung di laman Mark Zuckerberg.
Seperti yang dilansir oleh Cnet (18/8), pelaku tersebut diketahui bernama Khalil Shreateh dan berasal dari Palestina. Dirinya melakukan post di laman Zuck yang menyatakan adanya kerentanan keamanan di Facebook yang menyebabkan seseorang yang bukan teman bisa post di laman orang lain.
Sebelumnya, laporan yang dilansir oleh Shreateh ini tak ditanggapi dengan baik oleh tim keamanan Facebook. Dikatakan, ini bukanlah sebuah celah keamanan.
"Beberapa hari lalu, saya menemukan sebuah lubang serius di Facebook yang membuat pengguna lain bisa post di timeline orang yang bukan temannya," terang Shreateh.
Aksi nekat yang dilakukan Shreateh ini pun langsung mendapatkan tanggapan dari Facebook. Sejurus kemudian, seorang tim keamanan menanyakan apa saja yang ditemukannya ini dan membuat akun miliknya dinonaktifkan.
"Ketika kami melihat apa yang Anda lakukan, kami tak bisa tahu benar apa yang sedang terjadi. Sayangnya laporan Anda ke sistem Whitehat kami tak dilengkapi dengan informasi teknikal. Kami tak bisa menanggapi laporan tanpa detail yang lengkap," terang staf Facebook.
Sayangnya, apa yang dilakukan Shreateh ini juga tak dianggap positif oleh Facebook. Meskipun membantu menemukan celah keamanan, Shreateh tak akan mendapatkan imbalan apapun karena dianggap melanggar ketentuan.
Seperti diketahui, Facebook memberikan uang sebesar USD 500 atau sekitar Rp 5 juta bagi mereka yang mau melaporkan bugs seperti ini kepada siapa saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar